Buat lah secangkir kopi

Apakah anda pengemar Kopi? seberapa sering anda membuat kopi? pernah dengar nama mbah surip yang heboh dengan lagu “tak gendong” nya, ya penyanyi fenomenal itu, telah tiada. Konon katanya beliau meninggal karena serangan jantung. Bahkan Ada yang menyalahkan pola hidup beliau yang tidak teratur sebagai sebab kematian dininya. Ada yang menyebut kebiasaannya minum kopi sampai 20 cangkir sehari sebagai biang keladi. Wallahu ‘alam, karena semuanya sudah di garis kan, yang hidup pasti akan menemui kematian, upz  🙂 sebaiknya kita kembali ketopik permasalahan, sebelum membuat secangkir kopi alangkah baiknya kalo kita mengetahui manfaat dari secangkir kopi,ternyata dari warna kopi yang didominasi warna black :),  terkandung:

  • Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf.  ini juga terkandung dalam teh dan  coklat.
  • Kafein dapat membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat.
  • Kafein mencegah gigi berlubang. dijelaskan oleh Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton ” kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.”
  • Kafein mengurangi derita sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. “Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.”
  • Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
  • Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah,
  • Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
  • Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
  • Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
  • Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
  • Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
  • Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
  • Minum kopi membuat sperma “berenanglebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburan Kaum Adam.

Ternyata banyak sekali manfaat dari kopi, tapi sebagai penyeimbang dari argumen di atas, kopi juga mempunyai sisi gelap :), karena ada suatu zat yang terkandung dalam kopi yang bisa membuat kita merasa kecanduan,karena Kafeine mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. maka dari itu jangan mengkonsumsi kopi terlalu banyak, karena dapat menimbulkan hal negatif.

sekian dulu Black In News hari ini, semoga bermanfaat untuk kawan kawan :).

Leave a Comment.